Explore Lombok

  Kebudadayaan, Keunikan, dan Ciri khas Pulau Lombok


 Pulau Lombok (jumlah penduduk pada tahun 2001: 2.722.123 jiwa adalah sebuah pulau dikepulauan Sunda Kecil atau Nusa Tenggara yang terpisahkan oleh Selat Lombok dari Bali di sebelat baratdan Selat Alas di sebelah timur dari Sumbawa. Pulau ini kurang lebih berbentuk bulat dengan semacam “ekor” di sisi barat daya yang panjangnya kurang lebih 70 km. Luas pulau ini mencapai 5.435 km², menempatkannya pada peringkat 108 dari daftar pulau berdasarkan luasnya di dunia. Kota utama di pulau ini adalah Kota Mataram. Sekitar 80% penduduk pulau ini adalah suku Sasak, sebuah suku bangsa yang masih dekat dengan suku bangsa Bali, tetapi sebagian besar memeluk agama Islam. Sisa penduduk adalah orang BaliJawaTionghoa dan Arab.
  Pada dasarnya budaya merupakan suatu pola hidup yang berkembang dalam masyarakat dan diwariskan dari generasi ke generasi. Oleh karena itu budaya memiliki kaitan yang sangat erat dengan kehidupan dalam masyarakat itu sendiri, hal ini dipertegas oleh Melville J. Herskovits dan Bronislaw Malinowski yang menyatakan bahwa semua yang ada dalam masyarakat ditentukan oleh kebudayaan yang dimiliki masyarakat itu sendiri. Dari pendapat beberapa ahli didapatkan pula pengertian kebudayaan mencakup sebuah kompleksitas yang memuat pengetahuan, kepercayaan, kesenian, moral, hukum, adat, juga pernyataan intelektual yang artistik yang menjadi ciri khas suatu masyarakat.

I. Wisata


Taman Nasional Gunung Rinjani, merupakan salah satu icon unik yg di miliki pulau lombok yg paling terkenal di indonesia maupun internasional. Gunung Rinjani merupakan gunung tertinggi ke 2  di indonesia dan merupakan gunung yg masih aktif sampai sekarang ini. TNGR memiliki 3 jalur yg ada di jalur pendakiannya, yaitu jalur sembalun, bawak nao, dan jalur senaru. gunung rinjani memiliki keunikan tersendiri selama jalur pendakian yg di lalui oleh kaena itulah banyak pendaki yg rindu dan kagum dengan keunikannya, salah satu keunikan yg di miliki rijani adalah ketika sunrise bayangan dari gunung samalas(nama gunung sebelumnya) terlihat seolah olah nyata itulah yg membuat para pendaki yg pernah menjamah alam lombok rindu akan keindahan rinjani.

II. Budaya Bau Nyale


Budaya bau nyale merupakan sebuah tradisi/adat istiadat masyarakat lombok yg sudah ada sejak zaman dulu, kegiatan ini biasa di lakukan masyarakat sebagai bentuk penghormatan kepada Putri Mandalika yg dalam sejarah/ceritanya membuang diri ke laut karena hendak di jodohkan oleh ayahnya pada saat itu, alasan putri mandalika membuang dirinya ke laut adalah agar bisa bermanfaat bagi semua orang karena pada saat itu putri mandalika di kenal memiliki paras yg cantik dan menawan sehingga banyak yg ingin mendapatkan hatinya. semenjak itulah kabar sang putri tidak di ketahui oleh pihak kerajaan dan masyarakat. 
Untuk memperingati Bau nyale ini biasa jatuh pada bulan februari dan maret, masyarakat lombok biasa juga memperingati bau nyale ini dalam hal meminta hujan atau meminta musim kemarau.


III. Ciri Khas Lombok 


Sate Bulayak, salah satu makanan yg sering di cari oleh wisatawan dalam maupun luar negeri, makanan khas lomok ini memiliki cita rasa yg enak dan selalu di ingat oleh para penikmatnya. Sate bulayak terbuat dari daging sapi, ataupun jeroan yg di taburi dengan bumbu khusus yg menambah kenikmatannya dan di tambah lagi dengan beberapa ketupat yg di buat dari daun lontar ataupun kelapa yg memiliki tekstur ketupat yg berbeda dari biasanya. inilah yg menjadikan Sate Bulayak sebagai makanan wajib bagi wisatawan asing ataupun lokal karena cita rasa yg berbeda dari sate sate lainnya. makanan ini juga wajib di hidangkan ketika acara maulid ataupun lebaran ketupat. 





Komentar

Postingan Populer